Rabu, 04 Desember 2019

Launching dan Bedah Buku, Aku dan Alam Semesta Karya De Laras


Holla gurls! Welcome back to my blog! Seneng banget sabtu kemarin aku bisa berkesempatan hadir di acara launching sekaligus bedah buku anak terbaru yaitu buku Aku dan Alam Semesta.Acara peluncuran buku ini diadakan pada hari Sabtu, 30 November 2019 kemarin yang bertempatkan di Perpustakaan Nasional ITB Jalan Ganesha, Bandung.Fyi, bedah buku ini merupakan buku solo ke-8 dari seorang penulis juga seorang blogger yaitu Mbak Diadjeng Laraswati atau yang lebih dikenal dengan nama penanya De Laras.

Bagi aku, ini adalah pertama kalinya untuk bisa mengikuti acara bedah buku.Ternyata acaranya seru juga yaa, plus bisa menambah ilmu juga yang sebelumnya belum pernah aku ketahui.Acara ini dibuka oleh MC yang juga merupakan seorang blogger yaitu Elisa Koraag.Acara ini pun jadi lebih seru karena MC-nya yang super kocak yang bikin kita ketawa sesekali hihi.

Kebetulan banget nih, aku suka banget ngebahas hal-hal yang berbau alam semesta dan tata surya.Dari zaman sekolah aku suka banget pelajaran ini dan selalu excited untuk mempelajarinya.Bahkan, waktu masih SD pun aku bercita-cita menjadi seorang astronot hehe.


Makanya pas banget aku bisa hadir di acara bedah buku ini, soalnya buku Aku dan Alam Semesta ini menceritakan tentang anak Indonesia dan alam semesta serta lingkungan sekitarnya.Menurut penulis buku ini, dunia anak-anak itu tak terbatas tidak hanya di sekitaran rumah dan sekolah saja malah dunia anak ini sangat luas, mulai dari apa yang mereka alami dan lalui di setiap harinya.Seperti lingkungan sekitar yang pastinya mereka amati di tiap harinya.

Serunya lagi buku ini juga menceritakan mengenai keindahan alam semesta yaa walaupun belum menggambarkan keseluruhan Nusantara tetapi di buku ini juga menyelipkan berbagai ilmu pengetahuan sains serta kelestarian bumi dan alam yang menjadi tanggung jawab kita sejak dini dan tanggung jawab kemanusiaan.

Acara bedah buku ini mendatangkan langsung sang penulis De Laras, Tanti Amelia sebagai ilutrator, Edi Warsidi sebagai editor, Profesor Bambang Hidayat yang diwakilkan oleh anaknya sendiri sebagai sumber penulisan buku dan Kang Ali Muakhir yang merupakan seorang penulis buku dan blogger juga.Para narasumber ini membagikan pengalaman mereka juga ilmu-ilmu yang mereka share kepada kita semua hari itu.
 
Para narasumber
Buku “Aku dan Alam Semesta” ini adalah buku cerita anak yang berisi 10 cerita berunsur pengetahuan, terdiri dari 161 halaman dan 41 gambar ilustrasi yang membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca.Menurut De Laras, buku ini menceritakan tentang masa kecilnya bersama sang ayah.Sejak masa kanak-kanak beliau selalu mengamati gejala-gejala alam seperti detik-detik terbit dan tenggelamnya matahari, munculnya bintang yang berkelap-kelip pada malam hari atau yang lebih kita kenal sebagai bintang kejora.Dan hal ini selalu beliau amati di bangku taman bersama ayahnya sebelum tidur.

Hal yang paling bikin aku amaze sama buku ini adalah, ilmu pengetahuannya yang didapatkan langsung dari ahli astronom Indonesia yaitu Prof. Bambang Hidayat  yang juga merupakan seorang Guru Besar ITB.Wow! Keren banget kan! Ditambah dengan gambar ilustrasi yang dibuat oleh Tanti Amelia yang merupakan seorang blogger juga.Hasil gambaran Mbak Tanti membuat buku ini semakin hidup, karena gambaran beliau begitu hangat dan mengingatkan aku pada masa kecilku juga.Beliau sangat jago ilustrasi manual alias menggambar menggunakan tangan dengan kertas sebagai kanvasnya.Keren kaann!

Buat yang udah penasaran dengan isi buku ini, aku tuliskan daftar isinya yaa!
1.       Venus, Kejoraku
2.       Aku, Sang Pemburu Koin dari Huta
3.       Bahari, Anak Suku Laut yang Pemberani
4.       Jarak Bintang dari Kaki Gunung Bromo
5.       Mira, Penenun Muda dari Sumba
6.       Otto Mengkudu
7.       Ronggur, Sang Calon Nahkoda
8.       Teh Pagi dan Pelangi
9.       Eyang Jati Tempe
10.   Harumnya Secangkir Kopi Aki

Gimana? Liat dari judul-judulnya aja udah menarik banget kan! Ohiya, fakta menarik buku yang diterbitkan ITB Press  ini ditulis dalam waktu 10 bulan loh.Menurut aku, ini waktu yang cukup singkat untuk menuliskan 10 cerita dalam 1 buku.

Buat kalian yang ingin memiliki buku ini kalian bisa memesannya secara online di Tiara Book Store dan juga ITB Press dengan harga 150 ribu untuk buku yang berwarna dan 50 ribu untuk buku yang hitam putih.Sangat terjangkau bukan?
 
Bersama De Laras penulis buku
Aku sangat berterimakasih kepada Komunitas Emak Blogger (KEB) yang telah mengundangku ke acara bedah buku yang super asyik dan bermanfaat ini.Senangnya bisa pulang dengan ilmu-ilmu baru ditambah goodie bag dari para sponsor diantarnya Faber Castle, Red Doorz, Tiara Book Store, Harris Hotel Bandung dan cemilan manis dari Dunkin Donuts.Acara ini juga diliput langsung oleh MQTV Bandung dan Harian Pikiran Rakyat juga.Duh terimakasih banyak!

 
Bersama KEB dan peserta lainnya


12 komentar:

  1. wah seru ya acaranya, aku belum pernah ikutan bedah buku begini :) bisa sekalian minta ttd sama penulisnya langsung ya kalau begini

    BalasHapus
  2. Seru banget euy acaranya. Suka happy aku juga klo ikut2 acara peluncuran buku

    BalasHapus
  3. seru banget ya beb ini acaranyaaa, si isi bukunya juga gemes uy gambar gambar nyaaa, jadi pengen punya nih buat keponakan aku hehe

    BalasHapus
  4. Isi bukunya semacam gambaran masa kecil (hingga masa kuliahku) bangeeet, haha.
    Jadi ya dulu itu aku ini "Pengamat" Astronom abal-abal yang selalu penasaran dengan dunia Langit dan Isinya. Itu berlangsung sampai kira2 usia 23-an setelah itu mulai jarang mengamati langit, ataupun baca buku seputar itu karena kesibukan meningkat, hiks. Sekarang jadi kangen lagi, pengen baca buku "Aku dan Alam Semesta" ini jadinya.

    BalasHapus
  5. Yaah aku pun udah lama nggak ikutan bedah buku. Serunya datang dan berkumpul bersama teman-teman disini mbaaa :)

    BalasHapus
  6. Seru banget pasti ya kak ikut acara bedah buku gini. Aku jd pengen sesekali ikut acara kaya gini jadinya hehe

    BalasHapus
  7. Bukunya bagus nih mbak. Penasaran deh buat baca. Saya paling suka ikut2 acara bedah buku. Harganya jg terjangkau banget yaaa

    BalasHapus
  8. terakhir ikutan bedah buku itu waktu aku masih suka-sukanya sama kegiatan literasi proses pembuatan buku solo dan juga antalogi. Dan jadi rindu deh bisa ngehadirin bedah buku kayak gini lagi, pasti seru dan nambah insight ya teh

    BalasHapus
  9. Ikut bedah buku emang seru ya. Kadang suka ada cerita2 penulis yg berkesan tapi ga tertuang di buku.

    BalasHapus
  10. Pasti seru dan seneng ya bisa datang ke acara bedah buku ini, ak blum.pernah sama sekali, pngn ikutan jg klo ada kesempatan hehe

    BalasHapus
  11. Bagus ini bukunya cocok buat anak2 yaaa. Beli ah buat anak.

    BalasHapus
  12. Wah sekali sekali aku pengen deh ikutan acara bedah buku . Kelihatannya menarik banget

    BalasHapus