Selasa, 10 Desember 2019

FUNancial #YangKamuMau: Belajar Mengatur Keuangan dengan Cara yang Fun Bersama Home Credit Indonesia


Holla everyone! Welcome back to my blog! Weekend kemarin jadi weekend berfadeah banget nih buat aku soalnya aku dateng ke acara FUNancial #YangKamuMau buat belajar lebih mengenai pengelolaan keuangan dengan cara yang fun dan pastinya sesuai apa yang kamu mau.Selain dihadiri oleh beberapa blogger, acara ini juga dibuka secara gratis untuk umum dan rencananya setelah di Bandung, acara ini juga bakalan ada di Surabaya.Sooo, buat yang udah penasaran sama keseruan acara ini, yuk keep reading and scrolling down!

Acara FUNancial #YangKamuMau ini diselenggarakan oleh Home Credit Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan pembiayaan berbasis teknologi (baik online maupun offline) yang terkenal di Indonesia.Home Credit sendiri mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan pembiayaan multiguna yang bertanggung jawab, layanan yang disediakan diantarnya pembiayaan untuk pembelian smartphone / gadgetfurniture, alat-alat elektronik juga aksesoris kendaraan.

Keseruan Acara FUNancial #YangKamuMau di Bandung

So happy! Seneng banget aku bisa berkesempatam hadir di acara FUNancial #YangKamuMau roadshow Bandung ini.Acara ini diselenggarakan sabtu kemarin tanggal 7 Desemeber 2019, di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters yang beralamatkan di Jalan Cihampelas No. 96, Bandung.Tema acara ini Start-up Smart: Financial Tips for Turning Your Hobby Into a Business gimana? Sangat menarik bukan bahasannya?

Yang lebih menariknya lagi, acara ini terbuka untuk umum dan FREE loh alias gratis.Daann buat kalian yang mendaftar nantinya akan ada email sebagai bukti bahwa kalian sudah terdaftar di acara ini, plus buat kalian yang sudah terdaftar di acara ini selain kalian bisa dapetin ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat kalian juga mendapatkan free lunch, goodie bag, certificate dan doorprize.Wohoooo!

Fyi, FUNancial Talkshow adalah event dari Home Credit yang ingin membantu kamu mencapai segala impian finansial kamu dan mewujudkan #YangKamuMau.Disini kamu akan dapetin tips-tips bagaimana mengatur keuangan secara fun dari financial advisor dan lifestyle influencer.


Sebelum acara dimulai, kita wajib banget untuk registrasi terlebih dahulu dan setelah registrasi kita akan diberi kertas untuk doorprize dan post it! untuk menuliskan impian kita masing-masing ke depannya.Nah, acara pun dimulai pada pukul 11.00 WIB yang dibuka langsung oleh MC kita hari ini yaitu Ucita Pohan.Dia orangnya bener-bener asyik dan berhasil banget bikin suasana acara jadi lebih seru sampe akhir hihi.
 
MC- Ucita Pohan
Sebelum masuk ke bahasan utamanya, ada perkenalan terlebih dahulu mengenai Home Credit dari Kak Freya dan dilanjutkan dengan bagi-bagi hadiah dengan mengadakan beberapa challenge dan games, hadiahnya pun menarik banget yaitu voucher belanja.Wow!
 
Kak Freya dan MC Ucita Pohan
Setelah selesai bagi-bagi hadiah, saatnya talkshow bersama narasumber pertama kita hari ini yaitu Dipa Andika yang merupakan seorang financial planner dan co-founder dari Hahaha Corp, beliau membahas seputar investasi untuk masa depan juga memberikan beberapa tips untuk memulai berinvestasi dari sekarang.Ga cuma itu, ada juga Mohammad Takdis yang merupakan pemilik dari Whatravel Indonesia yang akan menjadi narasumber kedua kami, beliau menceritakan pengalamannya dalam memulai berbisnis.
 
Para narasumber dan MC
Mempunyai bisnis yang sesuai dengan hobi kita itu emang mengasyikkan yaa gengs, aku pun memiliki impian seperti itu.Nah, untuk memulai berbisnis tentunya ada beberapa hal yang wajib kita lakukan, berikut tips-tips dari Dipa Andika agar bisnis kita bisa lebih maju dan tertata keuangannya:
1.       Pisahkan antara rekening pribadi dan rekening bisnis, wajib banget sih poin ini soalnya nanti uang hasil bisnis kita malah ke campur atau bahkan ikut kejajanin kalo disatuin.
2.       Wajib banget untuk nyatet income sama outcome, ini juga bisa berlaku untuk kehidupan pribadi juga gengs biar kita bisa tau jumlah yang kita dapet dan juga kita keluarkan agar menjadi evaluasi kita ke depannya.
3.       Buat report keuangan baik harian, mingguan dan tahunan.
4.       Jangan sepelekan dana darurat, nah ini yang paling aku garis bawahi soalnya aku pun jarang banget nabung untuk dana darurat hehe.

Ada juga nih Latte Factors yang wajib kita hindari.Apa sih Latte Factors itu? Latte Factors adalah pengeluaran yang terlihat kecil namun tanpa disadari hal tersebut dilakukan berkali-kali.Misalnya biaya admin bank, uang parkir, dan lain-lain.Beberapa pengeluaran tersebut memang kecil namun tanpa kita sadari jika uang itu kita kumpulkan per harinya hingga per bulan uang tersebut jumlahnya cukup besar, bahkan kalo kita hitung pertahun mungkin seharga gadget atau laptop baru, lumayan kan tuh.

Di acara FUNancial #YangKamuMau ini aku bener-bener dapetin ilmu-ilmu baru yang pastinya belum pernah  aku ketahui atau bahkan yang belum aku “ngeuh” sebelumnya.Acara talkshow-nya beneran seru dan penjelasannya pun dikemas secara fun dan ringan jadinya kita sebagai orang awam seputar keuangan pun jadi bisa lebih mengerti materi yang disampaikan oleh narasumber.Mantul!


I remember you only live once, but if you do it right once is enough.

More Info:
Instagram: @homecreditid


19 komentar:

  1. ini acaranya seru banget ya beb, pulang pulang bawa ilmu bermanfaat nih soal pengelolaan uang, dan pulang pulang jadi pengen investasi reksadana juga hahaha, gegara ka dipa nih :D

    BalasHapus
  2. Seruu banget. Adain di palembang juga dong. Pingin nambah ilmu ttg management keuangan

    BalasHapus
  3. Aku lagi nabung dana darurat (lagi) setelah tahun lalu failed uangnya kepake ini dan itu hahaha. Acaranya seru ya mbak, mau deh kalau diadain di Pekanbaru juga

    BalasHapus
  4. seru banget acaranya, aku sampe rumah langsung bertekad ga boleh kebanyakan jajan boba sama kopi biar nggak banyak bocor alusnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw. saya jd penasaran deh. sabtu besok digelar di Surabaya nih dan saya bakal datang. kalau kak winda bertekad gak jajan boba, saya gak bakal jajan sosis.wkwk

      Hapus
  5. Aku seneng deh sama acara financial kayak gini karena sangat berguna buat kita apalagi dikemas lebih fun ya..

    BalasHapus
  6. Latte factors bahaya juga ya kalau keseringan. Tapi seringnya ga sadar juga sih sama pengeluaran itu, harus lebih diperhatikan lagi nih pengelolaan keuangannya.

    BalasHapus
  7. Seneng ya bisa ikut ke acara yg bermanfaat gini aplg bhas ttg financial gini. Btw kayaknya ak jg harus mulai nabung buat dana darurat haha

    BalasHapus
  8. Saya msh bermasalah di latte factor nih huhu. Selain merusak kesehatan juga merusak anggaran yah. Harus jauh2 dari bobba dan es kopi nih.

    BalasHapus
  9. Iya benar bun, kalau lihat duit banyak rasanya pengen beli ini dan itu makanya lebih baik di pisahkan uang bisnis dan uang kita.

    BalasHapus
  10. Jangan sepelekan dana darurat. OMG ini beneran aku agak abaikan, mba. Dan aku sadar bahwa ini tak baik :(. Coba ntar aku atur lagi keuanganku

    BalasHapus
  11. Ah berasa diplak2 nih ttgb pengeluaran rutin yg sebenarnya gak penting tapi bikin boncos itu yaaa hehe. Terus terang aku tu suka makan di luar pas wiken pdhl ya mayan kalau uang makannya ditabung hahaha. Makasih sharingnya ya mbak :D

    BalasHapus
  12. Waktu di Jakarta juga gamesnya banyaaak hehehe. Home Credit kaya bagi bagi hadiah gitu, selain bagi-bagi ilmu hehehe. Sukaaa :D

    BalasHapus
  13. Aku juga dulu usaha online kecil2an dan emang pisahin mana rek pribadi dan rek bisnia biar ga kcampur aduk.

    BalasHapus
  14. Padahal post dana darurat ini cukup menguras penghasilan yaa..hehee...tapi memang penting dan gak boleh ketinggalan.
    Kalau tau ilmunya begini, gemeesh banget sama kelalaian diri sendiri saat audit keuangan. Hihii...tapi kalo lagi kalap, langsung nguap ilmunya.

    Intinya di pengendalian diri yaa..

    BalasHapus
  15. Kemarin rame banget ya, peserta nya banyak banget yang hadir. Keren nih Hime Credit bikin event nya.
    Yang dana darurat itu penting juga ya, kadang aku suka ga kepikiran. Padahal yg namanya hidup pasti ada aja kejutannya ya.

    BalasHapus
  16. Kalo ngomongin latte factors sih emang bener y bebh, banyak banget printilan kecil yang tanpa disadari kalau dihitung hitung gede juga nominalnya

    BalasHapus
  17. aku juga dateng ke acara ini yang di jakarta, fun banget isinya ketawa terus tp ilmunya dapet

    BalasHapus
  18. Wah mba aku juga datang ke acara yang di Bandung hehehe sayang ga sempat sapa nih semoga next event ya bbisa saling jumpa lagi

    BalasHapus