Selasa, 02 Maret 2021

Tips & Trik: Cara Mengelola Keuangan Bagi Freelancer di Masa Pandemi


Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita harus lebih pintar dan gercep dalam mengelola keuangan. Mengingat, dalam kondisi seperti ini kita harus bisa mengatur pola konsumsi dan pengeluaran yang kita miliki. Sebagai seorang freelancer, memang aku sudah terbiasa dengan penghasilan yang tidak menentu tiap bulannya. Tetapi di masa pandemi ini juga tentu sangat berdampak dengan penghasilan yang aku dapatkan sekarang.

Aku memutuskan untuk menjadi seorang freelancer pada pertengahan tahun 2019 lalu. Tentunya menjadi seorang freelancer pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya adalah aku bisa bekerja sesuai dengan passion dan hobiku, waktu bekerjanya pun fleksibel tanpa ada jam kantor, bisa bekerja dimana saja dan kapan saja, penghasilan yang tak terbatas dan tentunya kita sendiri yang menjadi bos hihi. Nah sedangkan untuk kekurangannya adalah kita tidak memiliki penghasilan yang tetap, tidak ada asuransi kesehatan dan jumlah pekerjaan yang tidak menentu.

Di masa pandemi ini, tentu ikut berdampak pada penghasilan yang aku dapatkan.Namun, tidak berdampak begitu besar karena semua pekerjaan ini masih bisa dilakukan meskipun hanya di rumah saja.Walaupun begitu, aku harus tetap berantisipasi agar keuangan tetap tersusun dan stabil.Berikut tips dan trik versi aku untuk mengelola keuangan bagi freelancer di masa pandemi ini:

1.       Catat semua penghasilan yang didapatkan tiap bulannya dan buatlah rencana anggaran keuangan, dengan cara ini kita bisa tahu jumlah keseluruhan pendapatan per bulan yang kita dapatkan dan kita bisa mulai mengatur jumlah untuk pengeluaran kebutuhan pokok dan jumlah yang akan ditabung.

2.       Utamakan penuhi kebutuhan pokok dan atur pengeluaran tidak tetap, memenuhi kebutuhan pokok seperti listrik, air, belanja bahan makanan, membeli kuota, dll itu merupakan pengeluaran tidak tetap namun harus diprioritaskan dan jangan dinanti-nanti agar kita bisa menghindari menggunakan dana lain untuk memenuhi kebutuhan ini.

3.       Catat setiap pengeluaran tiap bulannya dan hindari perilaku konsumtif, tentunya mencatat pengeluaran juga penting agar kita bisa tahu berapa jumlah pengeluaran kita per bulannya.Dan perlu diingat menghindari perilaku konsumtif juga penting, mengingat sebagai freelancer apalagi di masa pandemi ini yang memiliki pendapatan tidak menentu, jadi kita lebih baik bisa memilah dan memilih mana yang lebih kita butuhkan untuk dibeli.

4.       Jangan lupakan sisihkan uang untuk dana darurat, sebagai freelancer pun kita harus bisa menyisihkan uang untuk dana darurat apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, mengingat kondisi darurat ini bisa terjadi kapan saja.Dana darurat ini bisa dipersiapkan dengan jumlah minimal sebesar 3 kali rata-rata pengeluaran bulanan.

5.       Rajin menabung dan mulai berinvestasi, setelah kita terbiasa menabung secara rutin, kita bisa memulai untuk berinvestasi.Investasi juga bisa menjamin masa depan loh karena investasi merupakan penghasilan pasif yang nilainya bisa terus bertambah contohnya investasi reksa dana.

Baru sekarang-sekarang ini aku juga sudah memulai untuk berinvestasi. Aku mulai berinvestasi menggunakan fitur terbaru dari OVO yaitu OVO | Invest. Kenapa memilih OVO | Invest? Karena melalui OVO | Invest, proses investasi jadi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan menggunakan smartphone. Buat kalian yang belum mengenal OVO | Invest, yuk kenalan dulu!

 

Tentang OVO | Invest


OVO bersama Bareksa menghadirkan produk reksa dana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Produk ini diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2021 dan hal ini merupakan terobosan terbaru di Indonesia yaitu dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment.

Layanan OVO | Invest ini dapat digunakan oleh pengguna OVO Premier yang sudah terdaftar menggunakan e-KTP dan telah melakukan registrasi untuk membuka rekening OVO | Invest.

 

Fitur-fitur yang diberikan OVO Invest:

·         Pembukaan akun secara online

·         Pembelian produk investasi secara online

·         Penjualan produk investasi secara online

·         Menerima informasi secara online terkait investasi milik pengguna.

 

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan pengguna melalui OVO Invest ini?

·         Berinvestasi ke reksadana cukup dengan setoran awal minimal Rp. 10.000 saja

·         Pendaftaran rekening investasi melalui smartphone

·         Pembelian dan penjualan kembali unit reksadana melalui smartphone dengan menggunakan dana yang ada di rekening OVO Cash

·         Pengecekan saldo investasi untuk melihat perkembangan nilai investasi setiap saat

·         Setiap transaksi investasi akan mendapatkan informasi dan konfirmasi transaksi yang diterima pengguna melalui aplikasi OVO.

 

Buat kalian yang merasa tertarik untuk mau memulai berinvestasi melalui OVO | Invest ini, yuk mulai daftarkan diri kamu dengan cara-cara di bawah ini.

 

Cara Registrasi:

1.       Pastikan kamu sudah men-download aplikasi OVO via Playstore (Android) atau AppStore (iPhone)

2.       Upgrade akun OVO kamu menjadi OVO Premier

3.       Pilih menu OVO | Invest, lakukan registrasi dengan memasukkan data-data yang diminta. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja
 







4.       Bila permintaan pembukaan rekening telah terverifikasi, pengguna akan menerima notifikasi melalui aplikasi OVO dan pengguna sudah bisa memulai untuk berinvestasi menggunakan OVO Cash.


 

Lalu, bagaimana cara membeli investasi melalui aplikasi OVO? Berikut cara-caranya:

1.       Pilih menu OVO | Invest


 

2.       Pilih menu “Beli”


 

3.       Masukkan nominal pembelian (minimal Rp. 10.000) dan lakukan konfirmasi dengan memasukkan security code




 

4.       Proses pembelian akan memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur) untuk sampai realisasi di potofolio kamu dan kamu akan menerima notifikasi bila pembelian berhasil dilakukan.

 

Nah, sedangkan ini cara untuk menjual investasi melalui OVO:

1.       Pilih menu OVO | Invest


 

2.       Pilih menu “Jual”


 

3.       Masukkan nominal unit yang akan dijual kemudian lakukan konfirmasi dengan memasukkan security code



4.       Kamu akan menerima notifikasi bila penjualan berhasil dilakukan dan secara langsung dana akan cair ke OVO Cash.


Apa sih keuntungan berinvestasi melalui OVO | Invest ini?

·         Proses pendaftaran, pembelian dan penjualan yang mudah dan 100% online dilakukan dalam aplikasi OVO.

·         Aman, karena seluruh transaksi pembelian dan penjualan harus melalui proses input security code.

·         Minimum investasi hanya Rp.10.000 saja dan bebas biaya pembelian.

·         Dapat ditarik kapan saja dan dimana saja, proses pencairan dana ke OVO Cash pun cepat dan tanpa biaya admin.

·         Mendapat potensi keuntungan dari return investasi.

·         Portofolio invetasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO.

 

Gimana? Mudah dan praktis sekali kan berinvestasi menggunakan OVO | Invest ini? Yuk kita #GercepBiarMantep karena kalau kita bisa berinvestasi sekarang, kenapa harus dinanti-nanti? Yuk download aplikasi OVO sekarang dan langsung daftar OVO | Invest sekarang juga dengan klik di sini!




13 komentar:

  1. perlu banget sekarang buat membuat list pengeluaran, jadi biar tau juga kemana larinya uang karena suka lupaan juga
    dan investasi seperti ini juga perlu, kalau tiba tiba butuh dana mendadak, juga bisa dicairkan

    BalasHapus
  2. Thankyou kak for infonyaπŸ’•πŸ’•

    BalasHapus
  3. wah ada yang baru dari OVO, aku taunya pakai ovo buat belanja aja wkwk biar cashless, mengurangi kontak sama orang :)

    BalasHapus
  4. Aku baru tau bisa investasi juga di OVO. Mudah juga ya, cukup minimal investasi 10rb aja.

    BalasHapus
  5. setahu aq ovo invenst ini cukup lama dalam versi beta di aplikasinya dan ternyata sekarang telah diluncurkan dan kerja sama dengan bareksa lagi, investasi makin aman dan bisa menghasilkan cuan

    BalasHapus
  6. Ovo invest ini membantu kita mengatur keuangan selama masa pandemi ya. biar dikit asal nabung, kan nanti bisa jadi bukit. selain itu cairin dananya juga gampang..

    BalasHapus
  7. Wah sejak jadi freelancer aku juga menerapkan 5 tips mengelola keuangan di atas. Baru tahu juga aku kalau skrg kita bisa investasi di OVO. Mantap dah!

    BalasHapus
  8. Sejak jadi freelancer, butuh work balance yaa..
    Dengan adanya investasi di OVO, jadi lebih mudah memaksakan diri untuk berinvestasi. Pencairan dananya pun mudah apabila dibutuhkan yaa..
    Mantap niih.

    BalasHapus
  9. Baru tau ada fitur ovo yg begini. Akh taunya cuma buat belanja aja hahaha. Membantu banget sih. Bakal dicoba nanti πŸ‘ŒπŸ»

    BalasHapus
  10. Kmrin baru aja buka2 fitur di ovo nemu yg invest ini, tp blum terlalu ngeh gimana cara nya. Ntar ak coba2 lagi buka fiturnya di ovo

    BalasHapus
  11. Waahh menarik banget nih mba, kalau di Ovo ini hanya Reksadana atau banyak opsi lainnya mba juga tersedia? Aku pengen coba saham deh lumayan buat nabung2

    BalasHapus
  12. Wah, saya baru tahu ada OVO invest. dah gitu investnya mulai dari nominal kecil juga bisa. Memang mbak, masa pandemi ini bikin keuangan kacau balau. Thank rekomendasinya ya mbak, sangat bermanfaat πŸ‘

    BalasHapus
  13. Nah, yang dana darurat nih sering lewat kurang kuperhatikan, mba. Harus mulai lebih detail lagi ya untuk alokasi dana untuk seorang freelancer.
    Yang invest via OVO nih hal baru buat aku. Bisa banget nih dicoba agar punya investasi masa depan.

    BalasHapus