Sabtu, 06 Oktober 2018

Solusi Sakit Maag Bagi Para Pecinta Kopi di Indonesia


Sebagai seorang guru TK, entrepreneur dan juga seorang blogger, setiap hari aku harus terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang produktif dimulai dari mengajar di TK pada pagi hari hingga siang hari, mengurus dan mempromosikan online shop yang aku miliki, membuat snack cokelat  dan coklat praline untuk dijual ke warung-warung sebagai penghasilan tambahan, hingga mengejar deadline blog yang harus diselesaikan pada hari itu juga.Senang sekali rasanya mempunyai serangkaian kegiatan yang wajib aku lakukan tiap hari seperti ini karena kegiatan-kegiatan itulah aku merasa diriku sudah mulai belajar hidup produktif.Namun, karena kegiatan-kegiatan inilah dimana aku terkadang selalu lupa untuk waktunya makan, bahkan sudah sering aku telat makan.Ditambah dengan kebiasaan burukku yaitu hanya makan satu kali dalam sehari hanya pagi hari saja dan juga aku lebih sering ngemil di banding makan makanan yang bergizi.

Selain itu, aku juga rajin mengkonsumsi makanan pedas dan minuman berkafein seperti kopi.Keduanya sangat tidak bisa aku lewatkan tiap hari.Alasannya, makanan pedas membuat diriku lebih fresh dan tidak mumet saat mengerjakan tugas yang cukup rumit.Makanan pedas kesukaanku adalah seblak, untuk sebagian orang seblak sudah tidak asing lagi namanya karena makanan ini sudah pasti menjadi kesukaan kebanyakan orang di luar sana terutama orang-orang yang tinggal di daerah Jawa Barat.Teman-teman disini ada yang pencinta seblak jugakah? Selain seblak, minuman yang satu ini selalu menjadi teman terbaikku di kala aku mengerjakan tugas dan deadline blog pada malam hari yaitu kopi.Di zaman sekarang sudah bermacam-macam jenis kopi yang disediakan di coffe shop atau kemasan-kemasan sachet yang biasa dijual di warung-warung dengan harga yang cukup terjangkau, dan yang menjadi kesukaanku ada cappuccino.

Cappuccino ini selalu menjadi teman terbaikku ketika aku hang out dan mengobrol bersama teman, mengerjakan tugas dan deadline blog pada malam hari dan juga yang selalu menjadi penyemangatku di pagi hari.Aku sangat suka aroma kopi dan karena kopi lah dia membuat ngantukku hilang ketika aku harus mengerjakan tugas pada malam hari.Aku benar-benar sangat rajin mengkonsumsi makanan dan minuman ini, sehingga sekarang aku sudah merasakan efeknya yaitu ulu hatiku sering terasa sakit, perut terasa kembung dan juga terasa nyeri pada lambung.Setelah aku mencari tahu dan memeriksakan diri ke dokter, ternyata ini adalah gejala-gejala awal aku mulai terkena penyakit maag.

Namun, kini aku tak perlu khawatir lagi karena aku sudah mempunyai solusi sakit maag agar sakit maag ini tidak mengganggu hariku lagi! Cara mengobati sakit maag ini cukup mudah kok, kalian bisa melakukannya di rumah.Bagi kalian yang mempunyai permasalahan sakit maag sepertiku, yuk baca terus cerita dan penjelasanku mengenai sakit maag dan cara mengatasi sakit maag ini sampai tuntas!

Apa itu Maag?


Dikutip dari Wikipedia, Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Penyebab Sakit Maag


Penyebab sakit maag seringkali berkaitan dengan rutinitas hidup yang tanpa disadari merusak lambung, diantaranya seperti pola makan, stress dan gaya hidup.Berikut uraiannya: 

1.                   Pola Makan
Selain akibat asam lambung, peradangan pada dinding lambung seringkali terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Misalnya, sering telat makan, sering, mengonsumsi makanan pedas,asam,berlemak,berminyak dan bersantan

2.                   Stress
Asam lambung akan meningkat jika seseorang mengalami stress, sehingga jika ada luka yang dalam, tentunya peningkatan asam lambung akan memperhebat keluhannya.

3.                   Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa meningkatkan resiko penyakit maag. Kopi dan soda yang sering diminum, merokok, konsumsi minuman keras, stres dan kurang istirahat memberi kontribusi pada masalah lambung.

Ada juga penyebab-penyebab lainnya seperti:
·         Tukak lambung (luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung)
·         Infeksi bakteri Helicobacter pylori
·         Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen dan aspirin) dan obat golongan nitrat
·         Penyakit refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan).
 
Hasil survey kepada 30 orang yang terkena sakit maag

Gejala Penyakit Maag
Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa:

·         Rasa panas pada perut bagian atas
·         Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
·         Mual
·         Kembung pada perut bagian atas
·         Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
·         Sering bersendawa
·         Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan

Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan adalah kasus sakit maag yang sering kali terjadi.Bagi penderita sakit maag, gejala biasanya akan menjadi lebih buruk jika dirinya juga mengalami stress.Selain stress, masuknya udara lewat mulut ketika mengkonsumsi makanan juga bisa menyebabkan perut semakin kembung dan frekuensi sendawa meningkat.

Gaya Hidup Zaman Millennial Rawan Menimbulkan Sakit Maag
Kopi kini makin banyak dikonsumsi oleh generasi zaman millennial terutama bagi mereka yang memiliki tuntutan kerja yang harus selalu on time dan bagi mereka yang membutuhkan inspirasi dan semangat dari secangkir kopi .Apalagi di zaman millennial ini sudah banyak sekali coffe shop yang tersebar di seluruh Indonesia, bisnis coffe shop ini sudah mulai digandrungi dan menjadi trend di Indonesia mulai dari tahun 2016 lalu.

Menurut Chung Yang, seorang profesor terkemuka dan John L. Colaizzi selaku ahli farmasi mengatakan bahwa generasi zaman millennial mengkonsumsi kopi lebih banyak daripada generasi lain untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengungkapan bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah AS dan India, dengan jumlah penderita maag tertinggi di dunia, dan didominasi diderita oleh wanita.Bahkan pada tahun 2012 jumlah orang yang memiliki maag mencapai 40,8 persen dan termasuk dalam 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat inap di rumah sakit di Indonesia.Wow! Angka yang cukup fantastis dan tidak bisa kita biarkan begitu saja yaa!

Berapa Seharusnya Dosis Kopi yang Diminum Setiap Hari?
Para peneliti di Florida Alzheimer’s Disease Research Center menyebutkan bahwa dosis kopi yang di konsumsi setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi. Takaran 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi, itu disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu di peruntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil.

Nah, sudah jelas kan bahwa kita memiliki takaran untuk meminum kopi sebanyak kurang lebih 5 cangkir dan apabila kita mengkonsumsi lebih dari itu maka akan berakibat menimbulkan penyakit salah satunya maag, lalu bagaimana solusi penikmat kopi yang memiliki maag? Atau mereka yang mereka berprofesi barista yang notabene harus melakukan kalibrasi mencicipi kopi puluhan gelas jika terkena maag? Dan bagaimana nasib bisnis kafe-kafe kopi yang saat ini sedang tumbuh jika masyarakat kita banyak terkena maag? Yuk simak ceritanya di bawah ini!

Cerita di Balik Barista

Muhammad Aga berbagi ceritanya di Noah's Barn Bandung
Pada tanggal 1 Oktober 2018 kemarin aku berkesempatan menghadiri acara blogger bersama Promag yang bertema Menikmati Kopi Tanpa Khawatir Maag Mengganggu.Acara ini diselenggarakan di Noah’s Barn Bandung tepatnya di Jalan Dayang Sumbi No. 2.Acara kali ini dibuka oleh MC dan juga Pak Haryanto Widjaya selaku brand executive dari Promag yang menjelaskan secara lengkap mengenai solusi sakit maag zaman sekarang yaitu Promag.

Tak lupa, pada acara kali ini Promag mendatangkan langsung salah satu barista professional yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Muhammad Aga. Muhammad Aga sudah memiliki segudang prestasi dalam dunia barista, salah satunya ia pernah memenangkan kejuaraan  Indonesia Barista Championship (IBC) 2018 yang menjadi representatif Indonesia di ajang World Barista Championship (WBC) 2018 di Belanda.

Awalnya, Muhammad Aga hanya seorang mahasiswa jurusan musik dan menjadi seorang pemain band karena butuh pendapatan lebih untuk band-nya Aga berniat untuk kuliah sambil kerja, Aga memulai karirnya sebagai barista pada tahun 2009 dengan bekerja part time di salah satu coffe shop di Jakarta yaitu Dante Coffe Kelapa Gading. Dari situlah Aga bertemu orang yang tertarik dengan kemampuannya dengan menawarkan pekerjaan untuk mengurus set-up dapur dan memberinya gaji sesuai permintaan Aga.Karena “kepepet” sudah berjanji pada orang itulah Aga rela pergi ke pameran kopi dan barista untuk mengenal dan belajar lebih mengenai alat-alat peracik kopi.Selain bekerja di Dante Coffe, Aga juga bekerja di Mrs Field, Get Back Coffe dan Tanamera Coffe, disana Aga selalu dipercaya untuk mengurus soal kebaristaan.

Menurut Aga, menjadi seorang barista itu tidaklah mudah seperti yang orang-orang pikirkan.Malah menjadi seorang barista itu kita dituntut untuk terus tekun belajar dan berlatih, juga harus sudah mengetahui mengenai pengetahuan seputar kopi seperti cara membedakan jenis kopi, mengetahui tingkat roasting, cara membuat latte art,dan teknik-teknik lainnya dalam meracik kopi dimulai dari bijinya hingga bisa menjadi secangkir kopi yang enak untuk dinikmati.

Hingga pada tahun 2015 lalu, Aga telah memiliki coffe shop sendiri yang diberi nama Coffe Smith Jakarta Coffeshop & Roastery.Keseharian Aga sebagai seorang barista dibalik membuat sebuah kopi memiliki fakta menarik, setiap pagi Aga harus melakukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopinya di buka.Saat pagi hari dan mencoba beberapa gelas kopi menjadi tantangan tersendiri bagi Aga dan juga lambungnya apalagi minum kopi sebelum makan pagi.Pekerjaan sebagai barista memang rawan terkena penyakit maag.Minum kopi terbukti merangsang produksi asam lambung .Oleh karena itu, minum kopi terlebih saat perut kosong akan meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.Asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan.Akibatnya, dada atau tenggorokan bisa terasa panas dan terbakar atau yang bisas disebut dengan heartburn.

Meski begitu, bukan berarti penderita maag tidak bisa minum kopi.Memilih kopi dan minum obat maag yang aman adalah salah satu kuncinya.Sekarang Aga tidak perlu takut lagi terkenya penyakit maag karena Aga sudah menemukan solusi sakit maag yaitu rutin meminum Promag cair ketika maag-nya mulai kambuh.Bagi kalian pencinta kopi yang memiliki gangguan lambung atau sakit maag seperti Aga, kalian bisa tetap produktif  dan menikmati hari.Promag hadir sebagai solusi untuk menikmati hari tanpa khawatir sakit maag mengganggu!

Promag Ahlinya Lambung


PROMAG sendiri memiliki beberapa jenis yaitu Promag Tablet, Promag Cair, Promag Fruity dan Promag Double Action.Dan yang menjadi kesukaanku adalah Promag Cair, karena selain teksturnya yang cair sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya Promag Cair ini juga memiliki kemasan yang simple dan travel friendly (mudah dibawa kemana-mana).

Promag Cair

PROMAG Cair
Promag Cair memiliki takaran yang pas dan bisa langsung diminum.Dengan mengandung 3 komposisi utama yaitu Hydrotalcite,Magnesium Hydroxide dan Simethicone yang bekerja untuk meredakan sakit maag dan kembung dengan cepat dan komposisi yang pas.

Indikasi
PROMAG digunakan untuk mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, tukak lambung, tukak usus 12 jari dengan gejala seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung dan perasaan penuh pada lambung.



PROMAG Cair memiliki 3 komposisi utama yang aktif dengan manfaatnya masing-masing yang saling berkesinambungan yaitu:

1.       Hydrotalcite
Antasida yang merupakan kombinasi antara Magnesium Oksida dan Aluminium Oksida. Hydrotalcite memiliki daya kerja netralisasi asam lambung yang lebih panjang selain berfungsi sebagai adsorben. Senyawa ini juga merangsang produksi mukus, memperlambat pengosongan lambung dan melindungi lambung lebih lama.

2.       Magnesium Hydroxide
Senyawa ini bekerja secara cepat, efektif dan kuat dalam menetralisir asam lambung.

3.       Simethicone
Simethicone berguna menghilangkan rasa kembung dan rasa tidak enak di dalam perut.


Sekarang aku tidak perlu khawatir lagi ketika sakit maag-ku mulai kambuh karena sekarang aku sudah memiliki solusi sakit maag yaitu PROMAG.Dengan PROMAG aku bisa mengobati sakit maag di rumah, kemasannya pun simple dan mudah di bawa kemana-mana dan juga mudah sekali untuk dikonsumsi.Jangan lupa kalian juga selalu sedia PROMAG di dalam tas agar kalian bisa selalu #NikmatiHarimu! I love PROMAG!

Informasi Aturan Pakai:
Dewasa 1 - 2 sachet sehari 3 - 4 kali
Anak ½ - 1 sachet sehari 3 – 4 kali

HET (Harga Eceran Tertinggi): Rp. 12.000,- / pack

Diproduksi oleh:
PT. Bintang Toedjoe, Jakarta-Indonesia
Untuk: PT. Kalbe Farma, Tbk. Bekasi-Indonesia
Reg, No. DBL. 111641033A1
  


More Info:
Instagram: @promag_id



26 komentar:

  1. Aih keren deh cin, kita satu frekwensi dari melek ampe merem sda aja yang harus dikerjain.Dan soal sakit Maag, wadow aku sempat masuk UGD.Thanks infonya eh mampir dong ke donasaurus.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah sampai masuk ke UGD mba? Semoga dengan Promag bisa membantu yaa mba :)

      Hapus
  2. Waaah ternyata promag bisa dijadikan solusi bagi yang suka ngopi agar tidak terkena penyakit maag. Terimakasih mba infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Ka! Sama-sama senang bisa membantu :)

      Hapus
  3. aku biasa selalu sedia promag di tas

    BalasHapus
  4. Yups, terakhir konsumsi promag pas kuliah karena jadwal revisi yang minim sedangkan yang direvisi banyak, larinya ke kopi eh sehari bisa berapa kali keterlaluan. Tapi sekarang tau kalau mau ngopi harus makan dulu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba kadang kalau tugas numpuk kita juga jadi sering lupa makan yaa hehe

      Hapus
  5. Saya juga terkena maag dan hal ini sangat mengganggu apalagi saya suka minum kopi
    Terimakasih infonya mba sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. aku juga kalau minum kopi magku kambuh nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mulai dari sekarang selalu siap sedia Promag mbaa :)

      Hapus
  7. Seblak 😍 akupun suka banget, padahal punya maag. Btw promag ini jadi andalan aku juga, aku paling suka yang fruity, lebih manis dan wangi hihi

    BalasHapus
  8. 236,5 mililiter kopi sama kayak 1 gelas kopi dalam kemasan cup gt kali ya. biasanya aku 2 gelas hahaha

    BalasHapus
  9. Maag ini penyakit yg sangat nyiksa org yg hobi makan pedes macam aku. Udah bertahun2 gak makan seblak tiap liat seblak ngilleeer . Kapan2 mau coba promag ini.. siapa tau bantu..

    BalasHapus
  10. Konsumen setia promag nih aku. Makanya selalu sedia promag kemanapun.

    BalasHapus
  11. Wooww super sekali teteh ini.. Aktifitas nya segudang! Salutt.

    Yg promag fruity itu aku suka banget ❤

    BalasHapus
  12. Duhh, tapi masih parno nih sama ngopi terus sakit lambungnya..:(

    BalasHapus
  13. Wah ini lengkap banget ya keren

    BalasHapus
  14. Temen-temenku di kantor penggila kopi, wajib sedia kayaknya nih promag di kotak obat kantor ��

    BalasHapus
  15. Wah ini perlu banget yah nyediain promag di kotak p3k

    BalasHapus
  16. kalau mual perih kembung promag obatnya :)
    ga takut lagi deh kena magh karna minum kopi soalnya ada promag hihi

    BalasHapus
  17. promag ini jadi andalanque sekarang, aku seneng ih dateng ke acara ini walau lagi cape kemarin tapi tetep seru, sampe ketemu di next event ya,

    BalasHapus
  18. Traveling friendly ya si promag ini, emang sih ganggu banget kalo udah perih menyerang apalagi kena kafeinnya

    BalasHapus
  19. Promaag ini andalan keluarga banget. Lelaki Melankolis (bapak) dan aku punya maag. Kalau kambuh selalu makan promaag ini. Tapi Alhamdulillah, sekarang akunya jarang kambuh maagnya. Dulu minum espresso dikit aja langsung kambuh, sekarang bebas (yah, tapi ga banyak2) . Alhamdulillah.

    BalasHapus