Kamis, 25 November 2021

5 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Selalu Bersih Bersinar


Memiliki kulit yang sehat dan cerah merata tentu menjadi sebuah hal eksklusif bagi beberapa orang. Karena, biasa untuk memiliki kulit seperti itu haruslah melalui serangkaian perawatan yang dilakukan dan ini tidak sebentar.

Seiring berjalannya waktu, masalah kulit bisa saja datang salah satunya adalah kulit kusam yang disebabkan oleh polusi udara.

Lalu, bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam? Yuk intip ulasan berikut ini.

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

Rutin membersihkan wajah adalah salah satu hal yang wajib dilakukan apabila kamu tidak ingin memiliki kulit kusam.

Terlebih kegiatan mencuci wajah ini tidak hanya membantu dalam membersihkan debu maupun kotoran yang menempel saja, tapi juga dapat mengontrol minyak pada kulit dan menjaganya tetap lembab.

Tapi usahakan tidak menggunakan sabun cuci wajah yang mengandung bahan seperti parfum, alkohol, dan paraben karena dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

Dalam hal ini, cuci wajah sebaiknya cukup dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali sehari saja. Bisa juga dengan menggunakan Brightening Facial Wash dari Scarlett Whitening yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Dengan kandungan Glutathione, Vitamin E, Rose Petals dan Aloe Vera mampu mencerahkan wajah, mengecilkan pori kulit, mengatasi jerawat, hingga mengontrol minyak berlebih.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa langsung membelinya secara online melalui situs e-commerce kecantikan lokal https://www.beautyhaul.com.

2. Lakukan Eksfoliasi

Selain membersihkan wajah secara rutin, cara merawat wajah agar tidak kusam juga perlu melakukan eksfoliasi secara teratur.

Menjadikan kegiatan eksfoliasi sebagai bagian dari rutinitas merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit cerah dan bercahaya. Dimana dengan melakukan eksfoliasi, maka akan membantu mengekspos lapisan kulit segar.

Sehingga penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit yang membuat wajah terlihat kusam pun akan terkikis. Selain itu, sel sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan juga dapat menyumbat pori pori yang mengakibatkan berbagai masalah kulit baru muncul.

Inilah mengapa eksfoliasi penting untuk dilakukan. Dimana kamu sebaiknya melakukannya sebanyak 2 kali dalam seminggu.

3. Gunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari secara terus menerus menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Bahkan ada banyak sekali masalah kulit lainnya yang bisa ditimbulkan, seperti kulit menjadi gelap, muncul flek-flek hitam di wajah, hingga keriput yang akan mengganggu penampilan.

Untuk itu, cara merawat wajah agar tidak kusam perlu dilakukan dengan menggunakan sunscreen.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 PA+++ untuk memberikan perlindungan optimal terhadap kulit. Tabir surya ini sebaiknya digunakan setiap hari meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan.

Gunakan setelah pemakaian pelembab, dimana penggunaannya perlu diulang kembali setiap 4 jam sekali.

4. Gunakan Pelembab

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan kamu sudah mengaplikasikan pelembab. Moisturizer memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam rangkaian perawatan kulit, ini akan membantu kamu mendapatkan kulit yang bersinar dan terhidrasi dengan baik.

Namun dalam memilih pelembab, pastikan kamu menyesuaikannya dengan jenis kulit yang dimiliki agar fungsinya bekerja optimal. Contohnya bagi kamu yang mempunyai tipe kulit berminyak, sebaiknya gunakan pelembab dengan label non-comedogenic.

Sedangkan bagi pemilik kulit kering, direkomendasikan pelembab dengan kandungan glycerin, hyaluronic acid, dimetikon, dan lanolin.

5. Gunakan Masker

Cara merawat wajah agar tidak kusam berikutnya yaitu rutin menggunakan masker. Penggunaan masker wajah ini akan membantu kamu mendapatkan warna kulit yang merata.

Di mana kamu bisa menggunakan masker yang berbentuk krim, sheet mask, maupun masker wajah yang dibuat sendiri dengan maksimal penggunaan sebaiknya 2 sampai 3 kali seminggu.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar wajah tidak kusam dan tetap bersih bersinar.

Dengan mengikuti cara yang tepat dan menggunakan skincare sesuai jenis kulit, maka berbagai permasalahan kulit lainnya pun bisa kamu atasi. Tentunya wajah yang lebih sehat dan cerah sudah bukan impian semata.

1 komentar:

  1. Nih, tips simpel buat wajah selalu on point! Jangan lupa cuci muka beneran rajin ya, pake produk yang sesuai kulit juga penting. Plus, eksfoliasi, sunscreen, pelembab, sama masker jadi kunci biar kulit makin oke. 💆✨ #Skincare101

    BalasHapus