Senin, 15 Februari 2021

Peluang Green Jobs Dalam Berbisnis di Dunia Beauty & Fashion

Apa Itu Green Jobs

Dari tahun ke tahun, memang isu lingkungan seperti global warming, climate change, penipisan Sumber Daya Alam (SDA), kepunahan keanekaragaman hayati dan isu lingkungan lainnya sering menjadi topik pembicaraan yang selalu ramai dibicarakan dimana-mana.Maka dari itu, baik pemerintah, lembaga swasta, dan lainnya mengusungkan program dan kebijakan mengenai upaya untuk pelestarian lingkungan hidup.Tentunya program atau kebijakan ini akan berjalan dengan baik apabila seluruh penduduk bisa ikut berkontribusi di dalamnya karena upaya pelestarian lingkungan hidup ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

Adapun beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah diantaranya, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, dan kebijakan lainnya.

Usaha pelestarian hidup ini memang harus dimulai dari kesadaran setiap individu mengingat akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia dan pelestarian alam di masa sekarang dan masa yang akan datang.Berikut beberapa upaya yang dapat kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari untuk melestarikan lingkungan hidup di sekitar kita, diantaranya:

·         Menghemat penggunaan listrik, air dan BBM

·         Membuang sampah pada tempatnya, serta mendaur ulang barang-barang yang masih bisa digunakan

·         Menanam dan merawat tumbuhan atau pohon di sekitar rumah

·         Menggunakan transportasi umum untuk mengurangi tingkat polusi udara

·         Dan lain-lain.

Nah, bagi anak muda di zaman milenial tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Green Jobs.Dimana Green Jobs ini juga ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.Buat kalian yang belum mengenal apa yang dimaksud dengan Green Jobs, yuk simak penjelasan berikut ini!

 

Apa Itu Green Jobs?

Green Jobs merupakan jenis-jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan.Menurut International Labour Organization (ILO), green jobs sendiri menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang.

Green Jobs atau pekerjaan hijau ini sendiri memiliki jenis-jenis pekerjaan yang berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.Di zaman milenial seperti sekarang ada banyak contoh pekerjaan hijau (Green Jobs) ini contohnya seperti, Ecopreneur, Eco Design Architect, Eco Fashionpreneur, Electric Car Technician, Energy Startup, Organic Foodpreneur, Solar Panel Technician, Urban Farmer, Waste Management Startup, dan-lain-lain.


Hal yang melatarbelakangi adanya Green Jobs ini adalah karena faktor kualitas lingkungan yang semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam (SDA).Dan tentunya faktor inilah yang menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa yang akan datang.

Selain itu, perubahan iklim yang lebih buruk juga sudah mulai dirasakan oleh beberapa negara dimana hal ini sangat berdampak pada kegiatan sosial dan ekonomi di berbagai sektor di dunia.

Ternyata, Green Jobs juga merupakan bisnis yang paling menjanjikan pada abad ke-21 ini dan langkah menjadi “green” ini merupakan langkah bisnis yang cerdas dan baik untuk lingkungan.Dengan potensi perkembangan nilai bisnis yang bisa mencapai hingga US$ 1.370 Milyar pada tahun 2020, maka dari itu Green Jobs menawarkan peluang bisnis yang begitu besar.Cukup menarik bukan?

 

Peluang Green Jobs Dalam Berbisnis di Dunia Beauty

Di zaman sekarang, sudah cukup banyak produk kecantikan yang mengusung konsep organik.Produk-produk kecantikan ini biasanya mengandung bahan-bahan alami yang bebas dari bahan kimia, tanpa zat pewarna, tanpa zat pengawet dan parfum-free.Pemilihan bahan-bahan ini, selain baik dan aman untuk kulit ternyata hal ini baik juga untuk lingkungan.

Beberapa tahun terakhir ini produk kecantikan dengan konsep organik ternyata sangat digandrungi bagi para beauty enthusiast loh karena semakin kesini semakin tinggi tingkat kebutuhuan seseorang akan produk kecantikan dan hal ini menjadi salah satu peluang yang besar bagi kita untuk memulai berbisnis di dunia beauty dengan konsep organik.

Contoh produk-produk kecantikan dengan konsep organik


Ada berbagai bahan organik yang bisa digunakan untuk produk kecantikan diantaranya, madu, lidah buaya, jojoba oil, shea butter, rose, sea salt, avocado oil, dan lain-lain.Selain pemilihan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk, tentunya pemilihan kemasan produknya pun harus eco-friendly, yang bisa didaur ulang atau digunakan kembali oleh konsumen.

 

Menjadi Eco Fashionpreneur di Zaman Milenial Yang Sangat Menguntungkan

Tidak hanya di dunia beauty saja, di dunia fashion pun trend fashion ramah lingkungan (sustainable fashion) mulai digandrungi dalam beberapa tahun terakhir ini.Hal ini disebabkan karena meningkatknya kepedulian masyarakat akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan, karena limbah fashion juga turut menyumbang akan pencemaran lingkungan.

Bahkan, sekarang ini sudah banyak sekali brand lokal yang mengusung konsep ramah lingkungan.Produk-produk fashion yang dihasilkan biasanya menggunakan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan dan diproduksi secara ethical.

Contoh produk pakaian dengan konsep sustainable fashion


Adapun bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat pakaian yang sustainable diantaranya, linen, organic cotton, wool, tencel atau lyocell dan lain-lain.Tidak hanya itu, penggunaan pewarna pakaiannya pun bisa menggunakan pewarna kain alami dan untuk proses produksi bisa menggunakan prinsip zero waste atau diproduksi secara ethical.

Mengapa pakaian dengan konsep sustainable fashion ini lebih digandrungi? Pertama, karena pakaian dengan konsep sustainable fashion ini memiliki kualitas yang tinggi dan tahan lama.Kedua, bisa mengurangi kerusakan lingkungan akibat limbah fashion.Ketiga, biasanya menggunakan bahan kain organik yang nyaman dan aman bagi kulit.

Maka dari itu, trend sustainable fashion ini akan terus  merambah dan berkembang di kalangan masyarakat mengingat di zaman sekarang banyak sekali kampanye dari media atau organisasi-organisasi lingkungan yang menyuarakan juga mengajak masyarakat akan pentingnya memilih pakaian eco fashion untuk lingkungan yang lebih baik lagi.Sehingga, pakaian dengan konsep sustainable fashion ini akan semakin digandrungi dan peluang bisinis sebagai eco fashionpreneur pun akan semakin meningkat.

 

Yuk bersama-sama dengan #EnergiMuda kita ber#KolaborAksi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan ini untuk Indonesia yang lebih bersih!

 



10 komentar:

  1. seneng ya makin terbuka peluang kerja bagi generasi muda (semoga yang gak muda juga berkesempatan ya hehehe) dan sekaligus menjaga kelestarian lingkungan

    BalasHapus
  2. selalu ada peluang kerja baru untuk anak muda kalau mau mencari yah mba, aq baru tahu istilah green jobs ini dan sangat menarik sekali semoga banyak anak muda yang tertarik juga untuk mencoba dan menekuni salah satu profesi green jobs ini

    BalasHapus
  3. Wah saya seneng mbak tiap kali membaca tentang Green Jobs. jadi kayak ngasih edukasi ke pembaca bahwa ada banyak peluang aktivitas/pekerjaan yang sekaligus bermanfaat utk merawat lingkungan atau alam. Thank ulasannya ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Cukup banyak ya kesempatan bagi kaum muda untuk menggeluti green jobs gini. Baru ngeh loh dengan job seperti ini, bagus sekali untuk terus dikembangkan, terutama yang berkaitan dengan dunia enterpreneur.

    BalasHapus
  5. Sudah seharusnya kini kita kembali menjaga alam yaa...
    Green jobs membuat kita semua pedeuli terhadap alam sesuai kemampuan dan kapasitas masing-masing.
    Bagus sekalii....kesadaran bersama.

    BalasHapus
  6. Sekarang lagi hits kosmetik natural dan vegan ya, jadinya sesuai nih dengan green jobs. Semoga semua bisnis bisa mendukung kelestarian alam.

    BalasHapus
  7. dengan ini kita bisa ikut menjaga alam ya mbak, ternyata bisa dimulai dari diri kita sendiri kalo dishare juga jadi makin banyak orang yang tahu, makasih mbak semoga makin banyak orang sadar

    BalasHapus
  8. Aku setuju banget sih sama konsep green job ini kak, sudah seharusnya kita menjaga alam dan lingkungan

    BalasHapus
  9. iya nih bisa banget kalau buat bisnis fashion, soalnya udah banyak yang nerapin dan cukup sukses asal tahu marketnya saja ya

    BalasHapus
  10. Semakin senang deh aku sekarang produk lokal sudah banyak yang menggunakan bahan-bahan yang eco friendly. Semoga semakin banyak juga kedepannya orang yang melakukan greeb jobs ini ya mbak.

    BalasHapus