Senin, 12 November 2018

Serunya Berkunjung ke Pabrik Ajinomoto di Karawang


Halo para pembaca setia blog-ku! Di postingan kali ini aku akan menceritakan keseruan acara kunjungan para Blogger Bandung ke Pabrik Ajinomoto yang berada di Karawang, Jawa Barat.Acara ini adalah acara lanjutan dari acara Blogger Gathering Ajinomoto Eat Well Live Well with UMAMI bersama Dream.co.id x Ajinomoto yang diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2018 kemarin di Kapulaga Indonesian Bistro Bandung.Jadi, buat kalian yang udah ga sabar dan pengen tahu gimana sih keseruan acara kunjungan ke Pabrik Ajinomoto kali ini? Yuk baca terus postingan-ku kali ini sampai selesai!


Nah, pada tanggal 7 November 2018 kemarin kami para Blogger Bandung yang berjumlah sekitar 30 orang berkesempatan hadir untuk mengikuti kegiatan Blogger Goes to Ajinomoto Factory atau kunjungan ke Pabrik Ajinomoto yang berada di Karawang, Jawa Barat.Pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB kami berkumpul di salah satu hotel di kota Bandung dengan menggunakan dress code bernuansa merah putih dan kami pun dijemput dengan menggunakan bus pariwisata.Kami menempuh perjalanan dari Bandung-Karawang sekitar 2 jam.


Sesampainya disana, kami mendapatkan sambutan hangat dari pihak Ajinomoto beserta karyawan-karyawannya dan kami pun dipersilahkan masuk ke dalam sebuah ruangan yang ukurannya cukup luas.First impression yang aku rasakan ketika aku berkunjung kesana adalah tempatnya sangat rapi, bersih, dan nyaman.Disana kami pun disuguhkan roti pastry berisi fla dingin rasa vanilla yang dibuat oleh tim Ajinomoto Bakery, untuk masalah rasa jangan ditanya lagi rasanya dijamin enak dan bikin nagih!


Selanjutnya, sambutan dari Bapak Muhammad Fachrurozy selaku Public Relation Departement Manager of Ajinomoto Indonesia yangmemberikan ucapan selamat datang dan juga mempersilahkan kami untuk berkeliling-keliling di pabrik ini.Dilanjutkan acara sharing session dari tim Ajinomoto yang diwakili oleh Bapak Nico Andreas selaku Section Manager Finance and GA Section yang akan menjelaskan semua hal mengenai apa saja yang ada di Pabrik Ajinomoto Karawang ini yang memiliki luas sekitar 16 hektar.Lalu dilanjutkan oleh Bapak Fazry Prasetya yang menjelaskan mengenai tata cara dan safety ketika mengunjungi pabrik ini.Mulai dari tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi keadaan darurat hingga tidak boleh mengambil gambar di tempat produksi.

PT Ajinomoto Indonesia sendiri telah memiliki 2 pabrik yaitu di Mojokerto, Jawa Timur dan Karawang, Jawa Barat. Pabrik Ajinomoto Karawang ini mulai beroperasi pada Agustus 2016 dan merupakan pabrik kedua Ajinomoto setelah Mojokerto, Jawa Timur.Pabrik di kawasan Karawang Timur ini dibekali dengan Japan Technology dan Japanese Staff yang berpengalaman.Pabrik Ajinomoto yang berada di Karawang memproduksi 3 produk yaitu Masako, Saori dan Sajiku sedangkan untuk produksi penyedap rasa sumber kelezatan sejati rasa UMAMI yang sangat terkenal di Indonesia yaitu Aji-no-moto  diproduksi di Pabrik Ajinomoto yang berada di Mojokerto.

Pabrik Saori

Setelah proses penjelesan dari tim Ajinomoto selesai, kami diajak untuk mengunjungi tempat produksi produk-produk Ajinomoto yang dipandu langsung oleh Pak Nico Andreas.Tempat pertama yang kami kunjungi adalah pabrik produksi dan pengemasan Saori.Kami pun diarahkan ke dalam ruangan visitor room.


Ketika masuk, suasana khas Jepang pun langsung terasa, disana ada hiasan tirai ala-ala restoran Jepang hingga ornamen-ornamen  dinding yang unik yang menggambarkan ciri khas Negeri Sakura.Disana juga banyak sekali spot foto ala-ala Jepang dan langsung saja kami berfoto ria disana.


Selanjutnya, kami mendapat penjelasan dari Bapak Sem Edy Nugroho selaku Section Manager mengenai proses pembuatan produk Saori, yaitu dimulai dari persiapan, menimbang adonan, membuat hingga proses pengemasan produk.




Pabrik Masako

Selanjutnya, kami diajak berkeliling ke Pabrik Masako.Saat mendekati pabrik ini dari kejauhan sudah tercium aroma khas Masako aromanya hampir mirip seperti aroma cream soup.Dan ketika masuk ke dalam ruangan visitor room-nya, kami langsung disuguhkan dengan hiasan-hiasan berbagai bumbu dapur yang terpajang di lorong dinding saat memasuki tempat produksi Masako.Selain itu, di sudut ruangan terapat spot foto yang unik yaitu dapur yang tertata rapi dengan hiasan-hiasan produk Masako di dalamnya.Langsung saja kami berfoto ria disana.



Selanjutnya, kami diberikan penjelasan oleh Bapak Sidik Maulana selaku perwakilan dari tim produksi Masako yang menyampaikan bagaimana proses pembuatan Masako Ayam dan Sapi.Bahan-bahan ini mereka dapatkan dari supplier yang sudah pasti terjamin dan terpercaya.Untuk Masako Ayam, menggunakan bahan dari supplier dalam bentuk ayam tanpa kepala, ceker dan jeroan.Sementara untuk bahan pembuatan Masako Sapi, menggunakan daging dari bagian paha dan juga bagian lain yang bisa digunakan asalkan kandungan lemaknya tidak lebih dari 10%.



Pabrik Sajiku


Terakhir, kami diajak berkeliling ke Pabrik Sajiku.Saat masuk ruangan visitor room, kami disambut dengan tulisan “Selamat Datang” dan kami pun menaiki beberapa anak tangga.Lalu disana lagi-lagi kami menemukan spot foto yang bagus dan sayang untuk dilewatkan.Disana ada spot foto gerobak Sajiku dan dapur Sajiku yang rapi dan bersih.Sepanjang lorongnya kami bisa menemukan berbagai miniatur masakan yang berbumbu Sajiku beserta resep-resepnya terpampang disana.Selanjutnya kami memasuki sebuah ruangan dimana kami bisa melihat proses pembuatan dan pengemasan produk Sajiku.




Ajinomoto memastikan, produk yang dibuatnya itu benar-benar higienis karena hampir semua proses produksinya menggunakan mesin.Seperti yang kami lihat langsung, tempatnya selalu bersih, rapi dan wangi, para pekerjanya pun berpenampilan rapi dan bersih bahkan untuk seragam pun mereka menggunakan seragam yang berbeda tiap hari.Sekarang aku jadi semakin percaya dan tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi produk-produk dari Ajinomoto, karena semuanya benar-benar sudah teruji, aman dan higenis yang pastinya sudah tersertifikasi halal oleh MUI dan juga BPOM.

Setelah selesai mengunjungi beberapa pabrik pembuatan produk-produk Ajinomoto ini, kami pun dipersilahkan untuk beristirahat dan masuk ke dalam kantin untuk makan siang bersama.Pada siang itu, kami dihidangkan soto daging sapi dan perkedel jagung yang dibuat oleh para chef di Pabrik Ajinomoto dan untuk masalah rasa lagi-lagi jangan ditanya lagi rasanya sudah pasti enak sekali!

Alhamdulillah aku juara 3

Acara kunjungan ini sangat seru dan mengasyikkan karena kami bisa jalan-jalan sambil belajar bersama.Pengalaman berkunjung ke Pabrik Ajinomoto ini sangat berharga karena kami menjadi lebih tahu bagaiamana proses produksi dari produk-produk Ajinomoto ini yang sudah pasti aman, bersih dan teruji.Terimakasih banyak Dream.co.id x Ajinomoto yang telah memberikan kesempatan berharga ini!

More Info:



17 komentar:

  1. spot fotonya kece banget tuch

    BalasHapus
  2. Aseeeeek.....juara tiga. Perlu ditemenin belanja nggak? :D

    BalasHapus
  3. Pernah bbrp kali pake Sajiku buat bikin ayam krispi, dan emang enak bgt gurih bgt. Btw, kawasan pabrik nya megah banget teh heheh, br tahu aku...

    BalasHapus
  4. Mau ikut keaamk 😫😫😫
    Produk2nya enak, jadi pengen 'kepo' ke pabriknya

    BalasHapus
  5. Ih kayanya seru yaa acaranya, ceritanya rame-rame dan bikin kabita..

    BalasHapus
  6. selamaatt teh ratna juara 3 hihi .
    btw, aku juga suka pake sajiku buat masak di rumah hihi

    BalasHapus
  7. Ajinomoto rasanya paling pas sih menurutku dibanding penyedap rasa/bumbu2 merk lain.

    BalasHapus
  8. Huhuhu, aku mupeng dengan factory visit ini. Sayang banget gak bisa ikut. Semoga lain kali bisa ikutan. :D

    BalasHapus
  9. Props nya gemes yaa kaya beneran bikin laper, btw seru banget yaa pas kesana hihi

    BalasHapus
  10. Ternya dipisah ya lokasi pabrik tepung dan bumbu aku pengguna semua produknya abis rasanya enak sih ke masakan gak over tok bumbu instant

    BalasHapus
  11. wihhh mantul banget pabriknya yaa..
    pasti seru banget

    BalasHapus
  12. Seru banget ini main ke pabrik ajinomoto. Aku suka banget sama tepungnya. Mantap!!

    BalasHapus
  13. Seru banget yah. Pabrik ajinomoto juga keren banget. Btw, masako, saori, sama sajiku andalan aku semua

    BalasHapus
  14. Waah seru banget bisa berkunjung ke Pabriknya Ajinomoto. Aku paling sering pakai Masako diantara semuanya, malah kadang digado doang hahaha

    BalasHapus
  15. Lengkap banget nih ya. Sayang banget aku waktu itu gabisa ikut :'(

    BalasHapus
  16. Ini semua produknya andalan sih memang hihi

    BalasHapus
  17. aku betah lama lama disini, apalagi sama makanan kantinnya yang enak banget deh

    BalasHapus